Tugu Titik Nol Tasikmalaya

Titik Nol Kilometer atau Titik Nol sejatinya berguna sebagai patokan pengukur jarak satu kota dengan kota lainnya. Selain fungsi utama tersebut, di beberapa daerah Indonesia yang lain, Titik Nol menjadi daya tarik wisata tersendiri. Tidak hanya sekedar tugu, namun ada yang berbentuk menara, mobil stoom, benteng, hingga museum. Sehingga menjadi wajar jika Titik Nol tersebu bisa menjadi tempat tujuan wisata. Mulai dari wisata edukasi hingga sekedar selfie ria semata.

Lalu, bagaiamana dengan bentuk Tugu Titik Nol di Tasikmalaya?

Di Tasik memang wujud dari penanda Titik Nol tak seperti yang disebutkan di atas. Titik Nol Tasik hanya ditandai sebuah tugu kecil yang tingginya tak sampai setengah meter. Tugu mungil tersebut letaknya tepat di Jl. Dr. Sukardjo, terhampar di trotoar jalan tak jauh dari Gedung Usaha Wanita.

Titik Nol Tasikmalaya – Jl. Dr. Sukardjo, Kota Tasikmalaya

Menurut sejarah sendiri sih biasanya Titik Nol berbagai daerah di Indonesia tak jauh dari Kantor Pos Besar kota itu sendiri. Hal ini dikarenakan dulu pemerintahan Belanda selalu membangun kantor pos berlokasi di pusat kota.

Misalnya, Titik Nol Kilometer Yogyakarta yang berada persimpangan Jalan Malioboro sebelah selatan. Yang mana di persimpangan tersebut terdapat Kantor Pos Besar. Misalkan juga di Bandung, Titik Nol yang berada di Halaman Kantor Dinas Bina Marga hanya berjarak sekitar 500 meter dari Kantor Pos Besar. Dan jika menilik Titik Nol Kota Tasik pun ternyata letaknya tak jauh juga dari Kantor Pos Besar, hanya berjarak sekitar 600 meter.

Nah, pertanyaan penutupnya adalah warganet Tasik tahu Titik Nol Tasikmalaya sejak kapan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here